Friday 27 November 2015

I DON'T CARE WHO YOU ARE, AS LONG AS YOU WORK AS CLEANER..BE A GOOD CLEANER

Saya coba ingin berbagi cerita di dalam Blog ini mengenai bilamana anda ingin bekerja sebagai cleaner di Canberra. Siapa tahu bisa menjadi gambaran atau membuka wawasan kita semua mengenai dunia per cleaner an di Canberra. Ibarat kata Supervisor saya dahulu sewaktu saya masih kerja di Hotel . Dia bilang," Aku nggak perduli dari mana kamu berasal dan sebagai apa, kamu bekerja di negaramu, tapi di sini kamu bekerja sebagai cleaner dan harus bekerja dengan cepat, tepat dan bersih."
Jadi intinya orang tidak akan perduli dengan siapa kamu, siapa kita dan siapa aku, bilamana telah mengambil keputusan untuk menjadi seorang Cleaner.

Bilamana anda telah memutuskan untuk siap menjadi seorang Cleaner, ada beberapa tips atau bisa dikatakan semacam info yang mungkin bisa dipikirkan dan itu murni saya buat dan nggak tahu apakah itu bisa bermanfaat buat anda atau tidak bilamana kelak anda bekerja di Canberra. Anggap saja ini adalah posisi yang terakhir yang bisa dikerjakan di Canberra sambil menemani istri/suami yang mengambil study.

Tips-tips yang saya maksudkan adalah sebagai berikut :
1. Bekerja Harus Ikhlas
    Maksudnya kita bekerja sebagai cleaner harus siap ikhlas dan melepaskan atribut-atribut yang dibanggakan selama masih di Indonesia ataupun dimana saja. Seperti saya, saya seorang senior engineer yang bekerja di beberapa project Oil & Gas baik di Indonesia maupun di Malaysia. Dan semua itu saya lepaskan dan secara ikhlas menerima posisi kerja sebagai Cleaner. Sehingga dengan ikhlas kita menerima pekerjaan tersebut tentunya kita bisa menghilangkan rasa malu dan rasa malas, rasa ngantuk dan rasa-rasa lainnya yang bisa menimbulkan kita menjadi stress bila menjalani posisi sebagai cleaner.

2. Harus punya relasi atau kenalan 
  Maksudnya adalah bila kita telah sampai di Canberra, hendaknya kita mencari teman atau relasi. Disamping menjaga silahturahmi sesama orang Indonesia di Canberra juga untuk mencari informasi pekerjaan yang mungkin saja dipunyai oleh mereka. Pengalaman saya, saya telah apply kemana-mana untuk melamar posisi cleaner tapi akhirnya saya nggak dapat-dapat juga, tapi akhirnya ada info dari teman/kenalan di Canberra, akhirnya saya mendapatkan pekerjaan. Untuk bekerja sebagai seorang Cleaner juga memerlukan referensi.

3. Rajin, Cepat dan "See Detail"
Maksudnya adalah bekerja sebagai seorang cleaner itu harus rajin tapi cepat karena ada batasan waktunya bilamana kita kerjanya santai dan malas, maka ada kemungkinan pekerjaan tersebut tidak selesai sesuai dengan waktu dan akhirnya mendapat complain dari Client/pemilik gedung. Walaupun kita telah bekerja dengan rajin dan cepat tapi tidak melupakan melihat yang detail. Melihat detail maksudnya adalah melihat lagi pekerjaan yang telah kita lakukan, apakah sudah bersih benar atau masih belum bersih. Kadang kala ada cleaner karena ingin cepat maka dia tidak melakukan vacumm carpet (di Canberra banyak banget kantor/gedung yang memakai karpet...red) padahal menurut kacamata orang awam, harus divacum dan untuk pembahasan lebih lanjut akan dibahas secara terpisah.

4. Tidak Boleh Sakit.
Ini sebenarnya untuk orang yang masih baru masuk kerja alias belum 3 bulan bergabung. Karena bilamana sakit akan sangat mempengaruhi performance dari pekerja sendiri dan bilamana sering-sering sakit bisa menyebabkan terputusnya hubungan kerja karena sebagai seorang cleaner harus siap secara pisik dan mental, makanya harus dijaga kesehatan.

5. Tidak Boleh Melawan, Membantah ataupun Menolak Instruksi Atasan.
Maksudnya menjadi seorang cleaner atau bawahan kita harus siap menerima perintah dan selalu mengiyakan setiap intruksi atasan sepanjang perintah itu tidak membahayakan diri pekerja dan juga keyakinannya. Karena bilamana kita melawan atau menolak perintah, ada kemungkinan pekerjaan kita akan menjadi terganggu karena pimpinan biasanya tidak suka dengan anak buah yang melawan, menolak dan membantah.

6. Kerja Harus Ringan Tangan dan Tidak Pelit Tenaga.

7. Kerja itu Harus Jujur dan Perduli dengan Sekitar.

8. Harus Punya Pengalaman

Itu sedikit sharing mengenai tips-tips menjadi seorang cleaner di Canberra. Bila sudah siap silahkan melamar dengan visa yang dimiliki.



Canberra, 16 February 2014

No comments:

Post a Comment